Rabu, 23 November 2016

Ayah Super Yang Bisa Dibanggakan


Dahulu kala era 80an, waktu saya masih berumur kira2 10 tahunan, saya punya teman yang bernama Y. Kami sering bermain bersama. Sekolah bersama, mancing, berenang di kali, main hujan-hujanan juga sama2.

Salah satu yang cukup aku suka dari si Y ini adalah omong besar alias ngibulnya. Suatu keitka dalam perjalanan pulang dari sekolah, ia mulai cerita kibulnya.

Syahdan ... ayahnya adalah jagoan silat tak tertandingi. Bahkan suatu ketika pernah dikeroyok orang satu truk, semuanya bisa dia tundukkan dengan hanya sejurus. Semuanya terkapar. Bahkan ayahnya juga kebal peluru. Salah seorang penjahat menembaknya tapi sang ayah malah terbahak2.

Pada umur 10 tahun, kisah jagoan seperti itu tentu merupakan idola. Laiknya di tivi2, sang jagoan bisa melawan musuhnya walaupun jumlahnya puluhan. Seperti kisah film silat Mandarin. Begitu hebatnya sang jagoan.

Seperti biasa saya mendengarkan dengan penuh takjub. Hanya sedikit sekali keraguan atas kisah ngibulnya itu. Dan justru kadang cerita2 impian seperti itu yang kerap saya tunggu dari si Y omdo ini.

3o tahun berlalu, saat menjelang tidur kerap saya masih ingat kisah itu. Dan juga kisah2 tak kalah ngibul lainnya, misalnya ayahnya bisa terbang, ayahnya bisa menyopir mobil secepat kilat, bahkan kilat saja kalah kecepatannya.

Saya juga ingat ketika ia lelah bercerita, dan ganti saya yang bercerita, tapi kurang seru. Kurang ahli mengarang cerita. Saya katakan kalau ayahnya bisa terbang, ayah saya bisa membuat api dari jarak jauh

Senyum saya mengembang, saat saya coba merangkai apa maksud si Y ini begitu hebatnya menceritakan kisah2 tak masuk akal dari sang ayah. Saya mencoba mengerti dari sudut pandang yang lain. Si Y (yang kini juga pengusaha travel terkemuka di sebuah kota), begitu ingin memiliki ayah yang super hebat, super man.

Ia ingin memiliki ayah yang bisa dibanggakan.

Kini saya juga menjadi ayah dari dua orang anak. Saya tidak tahu kisah apa yang bisa ia banggakan dari seorang saya ... Moral cerita, kalau Anda jadi ayah, jadilah yang bisa dibanggakan anak2mu hehe

Artikel Terkait

Ayah Super Yang Bisa Dibanggakan
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email